Anak-anak di Belanda Paling Bahagia, Apa Rahasianya?

Survei yang dilakukan oleh organisasi internasional UNICEF (United Nations Children's Fund) secara konsisten melihat bahwa anak-anak Belanda memiliki tingkat kebahagiaan tertinggi dari anak lain di dunia. Rahasianya menurut ahli ada pada pola asuh yang diterapkan.

Penulis buku 'The Happiest Kids in The World' Michele Hutchison mengatakan keluarga di Belanda sangat mementingkan kebersamaan. Orang tua dan anak-anak sebisa mungkin menghabiskan waktu bersama dan saling mendekatkan diri.

"Mereka sangat menaruh nilai tinggi dalam kehidupan berkeluarga dan komunikasi. Salah satunya dengan makan bersama. Anak-anak di Belanda memiliki tingkat aktivitas sarapan yang tinggi sebelum ke sekolah," kata Michele seperti dikutip dari BBC.

Di sekolah sendiri tidak ada tekanan akademis berlebih yang diberikan untuk anak. Sekolah di Belanda jarang memberikan anak tes atau tugas pekerjaan rumah.

"Saat tidak ada tekanan berlebih, anak-anak datang ke sekolah dengan santai dan menikmatinya. Mereka bisa merasa ke sekolah adalah sesuatu yang menyenangkan," kata Direktur Sekolah Dasar Benoordenhout, Annelies Van Eijk.

Statistik UNICEF menyebut bahwa ketika anak-anak merasa nyaman dan senang bersekolah, tingkat kemungkinannya untuk meneruskan pendidikan lebih tinggi semakin besar.

Lebih jauh pemerintah setempat juga berkontribusi mendukung tingkat kebahagiaan anak dengan membuat peraturan khusus untuk para ayah yang bekerja. Ada hari di mana ayah dapat mengambil libur agar ia bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sumber : health.detik.com

 

Supermap - Peta Sukses Kekuatan Mind Mapping
Pusat Pelatihan Pendidikan dan SDM Profesional
Mind Mapping - Super Memory - Speed Reading - Goal Setting

Pin It