Penyebab Kenapa Otak Kadang Bisa Lupa Sesaat

Apa nama film yang baru saja ditonton? Di mana tadi kunci mobil ditaruh? Anda yakin tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tapi entah mengapa mau seberapa keras berpikir otak kadang tak bisa mengingatnya.

Tenang hal tersebut bisa dialami oleh semua orang dan memang normal terjadi. Apa yang menyebabkannya? Menurut peneliti saraf dr Michelle Braun dari Harvard Medical School ini karena kecenderungan otak untuk melupakan informasi-informasi repetitif yang dianggap tidak penting.

"Hampir setiap saat pikiran kita multitasking dan saat melakukan tugas sehari-hari yang repetitif otak akan masuk mode otomatis," kata dr Michelle seperti dikutip dari Medical Daily.

Menurut dr Michelle kejadian lupa sesaat ini bisa dikurangi bila seseorang lebih menaruh perhatian pada aktivitas repetitifnya dan berusaha secara sadar mengingat informasi. Dengan demikian otak pun tidak akan melupakannya secara otomatis.

Hal yang perlu diwaspadai adalah bila kejadian lupa ini frekuensinya cukup tinggi. dr Michelle mengatakan kalau memang sering, semakin parah, dan tidak bisa dijelaskan maka bisa jadi itu adalah tanda untuk kondisi serius seperti risiko pikun (demensia).

"Lihat frekuensinya apakah sering terjadi, lebih sering dari sebelumnya? Apakah peningkatan kejadiannya tidak bisa dijelaskan oleh sebab lain seperti karena kurang tidur atau stres?" kata dr Michelle.

"Otak yang lupa sesaat dapat jadi tanda kondisi serius, maka dari itu penting untuk melakukan pengecekan," pungkasnya.

Sumber : health.detik.com

Supermap - Peta Sukses Kekuatan Mind Mapping
Pusat Pelatihan Pendidikan dan SDM Profesional
Mind Mapping - Super Memory - Speed Reading - Goal Setting

Pin It