3 Cara Bangkitkan Pikiran Positif

Sebuah penelitian di Inggris yang baru-baru ini dilakukan oleh Weight Watchers menemukan, dari 2000 wanita yang diteliti, satu dari tujuh di antaranya ditemukan terlalu sering mengkritik diri mereka sendiri sepanjang hari. Sehingga, membuat wanita merasa down sekitar delapan kali per hari karena tak puas dengan dirinya.

Bahkan yang lebih mengkhawatirkan menurut peneliti, setengah dari pikiran-pikiran negatif muncul di kepala wanita sebelum jam 10 pagi. Entah mengomentari bentuk tubuh, wajah, atau membandingkan dirinya dengan wanita lain yang terlihat lebih cantik. Dan sebagian wanita melakukannya tanpa sadar karena sudah menjadi kebiasaan.

Padahal, pikiran-pikiran negatif tersebut tidak hanya merugikan harga diri, tetapi juga dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan fisik.

“Pikiran negatif mungkin hanya tampak seperti masalah emosional, tetapi sebenarnya dapat memiliki konsekuensi fisik yang sangat nyata. Pikiran negatif dapat meningkatkan stres dan kecemasan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penuaan,” ungkap peneliti psikologi Barbara Fredrickson dari University of North Carolina

Barbara menemukan hubungan yang mengejutkan, antara berpikir positif dan meningkatkan kemampuan untuk mencari dan menemukan nilai baik dalam hidup. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, bila Anda menyadari sedang mengkritik diri terlalu sering.

Praktik mindfulness
Ketika muncul pemikiran negatif di kepala Anda tentang bagaimana perasaan Anda saat bercermin di pagi hari, cobalah lebih terbuka dan mendalam pada diri sendiri.

Apakah pikiran itu benar? Apakah Anda terlalu keras pada diri sendiri? Lalu carilah hal-hal positif dalam diri dan biarkan pikiran tersebut menghapus pikiran negatif.

Meditasi singkat
Salah satu cara terbaik untuk membersihkan pikiran dan membawa beberapa ruang positif dalam hidup adalah melalui meditasi. Selama 10 menit di pagi hari atau malam hari, duduk di tempat yang nyaman dan fokus pada pernapasan Anda. Ini akan membuat pikiran lebih tenang dan membuat pikiran negatif pergi.

Menulis jurnal
Luangkan waktu setiap hari untuk menuliskan apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Mulailah dengan menulis "Saya merasa ..." dan daftar dari segala sesuatu yang Anda rasakan. Bahkan jika Anda merasa tak ada ide untuk menulis, tulis tentang apa saja.

Setelah Anda selesai, lakukan kegiatan lain, dan bacalah ulang. Apakah itu terlalu negatif? Bila iya, Lakukan hal-hal yang bisa membuat pikiran Anda lebih positif, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, atau apapun kegiatan kecil yang Anda suka.

Sumber : health.kompas.com

 

Supermap - Peta Sukses Kekuatan Mind Mapping
Pusat Pelatihan Pendidikan dan SDM Profesional
Mind Mapping - Super Memory - Speed Reading - Goal Setting

Pin It